Selasa, 03 Juni 2014

Pasangan Jokowi dan JK Didukung Sejumlah Pengusaha Besar

Sejumlah pengusaha berada di belakang pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi dan JK yang bakal bertarung dalam pemilihan umum 9 Juli nanti. Selain memiliki harta triliunan, mereka juga memiliki jaringan ke berbagai organisasi pengusaha dan masyarakat. Mereka itu antara lain;

1. Sofjan Wanandi dan Apindo Sofjan sudah sejak lama melobi Megawati untuk memasangkan Jusuf Kalla dengan Jokowi. Sejak 2013, di berbagai kesempatan, Sofjan menyatakan bakal mengeluarkan Rp 2 triliun bila Kalla dipasangkan dengan Jokowi. Sofjan kini memimpin Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), yang membawahi ribuan pengusaha indonesia. Jaringan di Apindo untuk Jokowi-Kalla semakin kuat karena Ketua Apindo, Franky Sibarani, menjadi anggota tim penggalangan dana pasangan ini.

2. Rusdi Kirana dan karyawan Lion Air Rusdi Kirana bersama kakaknya, Kusnan Kirana, tercatat sebagai orang terkaya ke-29 di Indonesia menurut majalah Forbes pada November 2013. Keduanya sukses mendirikan maskapai penerbangan Lion Air. Dengan kekayaan mencapai US$ 1 milar, Rusdi bergabung dengan Tim Kampanye Jokowi-JK sebagai anggota Dewan Pengarah. Rusdi terkenal disegani anak buahnya. Setiap langkah dan kebijakannya selalu diikuti karyawannya, termasuk soal pilihan calon presiden.

3. Sutrisno Bachir dan PAN Meskipun pernah menjabat Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Tris, sapaan Sutrisno, tidak mengikuti pilihan politik PAN mendukung Prabowo-Hatta. Pengusaha asal Pekalongan ini juga pernah masuk daftar Forbes sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia pada 2008. Saat ini Tris menjabat anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Jokowi-JK. Sebagai bekas Ketua Umum PAN, Sutrisno masih punya jaringan dan pendukung di PAN.

4. Jacob Soetoyo, CSIS, dan jaringan internasional Direktur PT Gesit Sarana Perkasa ini mempunyai jaringan yang kuat untuk lobi-lobi internasional. Jacob, yang juga menjadi anggota Dewan Pengawas Center of Strategic and International Studies (CSIS), menyediakan rumahnya di Permata Hijau sebagai lokasi pertemuan Jokowi dengan perwakilan asing di Jakarta, antara lain Duta Besar Amerika Serikat (AS) Robert O' Blacke, Jr., Duta Besar Myanmar, Meksiko, Turki, Norwegia, dan Vatikan. Sebelumnya Jacob juga sudah memfasilitasi pertemuan antara Jokowi dan mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad di rumah Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta.

Pasangan Jokowi dan JK Didukung Sejumlah Pengusaha Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown