Rabu, 20 Februari 2013

Sweeping Kendaraan Malam Hari di Muna, Terkesan "Cari Duit"

Raha,RM.
Sabtu malam (16/02/13) sekitar pukul 20.00 WITA di ruas jalan menuju SMA Negeri 1 Raha, Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara, terdapat segerombol polisi lalulintas dari Polres Muna melakukan Sweeping kendaraan bermotor. Masyarakat tidak mengetahui legalitas dari kegiatan sweeping tersebut, apakah memang betul-betul perintah dari atasan, atau perwujudan ide dari sekelompok oknum polisi lalulintas yang melakukan sweeping pada saat itu. Pasalnya, kegiatan sweeping kendaraan yang dilakukan itu terdapat kejanggalan, antara lain tidak terdapat papan pemberitahuan yang dipasang beberapa puluh meter sebelum dan sesudah pusat kegiatan sweeping. Padahal sesungguhnya dalam aturan sweeping, papan pemberitahuan itu mutlak harus dipasang. Lebih aneh lagi, jika sweeping dilakukan malam hari tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.Sehingga masyarakat awam menilai sweeping Sabtu malam (16/02/13) ini terkesan bahwa Polisi Lalulitas cari duit demi mengejar setoran.

"Apakah kegiatan Polantas Polres Muna pada malam hari khususnya malam minggu sudah terjadwal atau tidak ? Pertanyaan lain adalah apakah petugas lapangan mengantongi surat tugas?", kata salah seorang anggota masyarakat yang tidak mau identitasnya disebutkan kepada Radar Muna.
Menurut anggota masyarakat tersebut, bahwa kegiatan ini cukup mengganggu terutama bagi para siswa yang kebetulan ingin ke rumah temannya atau ke rumah gurunya untuk menyelesaikan tugas sekolah dengan menggunakan kendaraan roda dua. Lebih bahaya lagi bagi seseorang yang mencari obat di apotik lain, karena kehabisan jenis obat di apotik Rumah Sakit untuk anaknya yang sementara dirawat di rumah sakit, seperti kejadian pada beberapa bulan lalu di bilangan Tugu Kota Raha. Jelas saja kalau terlambat dapat obat dari apotik nyawa anaknya terancam.

"Keberadaan Polisi Lalulintas di ruas-ruas jalan perkotaan memang sesungguhnya sangat dibutuhkan masyarakat, sebatas hanya untuk memantau dan menertibkan lalulintas di jalanan, tetapi bukan berarti serta merta berada di jalan langsung melakukan sweeping kendaraan",tambahnya.(maya-ku)

Sweeping Kendaraan Malam Hari di Muna, Terkesan "Cari Duit" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: maya-ku